Selasa, 09 Desember 2008

Living Smart

KESUKSESAN DUNIA AKHIRAT


Karya Muhammad Nazhif Masykur

“Dan diantara mereka ada yang berdoa:’Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan diakhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka’(Al-baqarah:201).

Makna dari arti surat Al-baqarah ayat 201 tersebut adalah bahwa masing-masing individu manusia telah disiapkan oleh Allah SWT untuk sukses baik di dunia maupun diakhirat. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus mengoptimalkan semua potensi yang telah dikaruniakan oleh Allah kepada kita berupa akal pikiran, akhlak yang terbungkus tubuh. Allah SWT berjanji bahwa apa yang kita berikan kepada orang lain akan kembali kepada kita. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ar-rahman ayat 60 yang artinya “tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan”.

Salah satu bentuk kebahagiaan adalah ketika segala urusan manusia digantungkan kepada Allah SWT. Kalau kita perhatikan dan kita lihat lebih jauh lagi bahwa sekarang banyak diantara kita yang menggantungkan segala urusannya selain kepada Allah dan bahkan demi uang ada diantara manusia yang menjual keimanan dan aqidahnya.

Kita harus ingat bahwa kita hidup didunia ini hanya untuk berbakti dan mengabdi kepada Allah SWT. Kalau kita selalu ingat akan tujuan kita hidup didunia ini dan melakukan segala hal yang diperintahkan oleh Allah SWT dan meninggalkan segala larangan-Nya, niscaya kita akan memperoleh atau mempunyai pondasi yang kuat untuk menikmati hidup ini.

Pondasi untuk menikmati hidup akan didapatkan apabila kita tidak lagi berharap orang berbuat sesuatu untuk kita. Kalau sudah seperti ini, insyaallah yang hadir dihati hanyalah keikhlasan. Dengan demikian kita akan mulai bisa menikmati indahnya memberikan senyum kepada orang lain, bukannya diberi senyum; merasakan nikmatnya bisa menyapa orang lain, bukan disapa; merasakan nikmatnya menyalami,bukan menunggu disalami; merasakan bahagianya bisa membantu orang lain, bukan minta dibantu; merasakan manfaatnya diri bisa meringankan beban orang lain, bukan memelas minta diringankan. Oleh karena itu kita perlu menjadi pribadi yang smart. Pribadi yang membawa pada kesuksesan sejati-the real success. Kesuksesan dunia akhirat.

Tidak ada komentar:

Daftar Langsung dapat profit